MELIA
HANDAYANI
MA
MIFTAHUNNAJAH YOGYAKARTA
NEW
SKILL
Setelah mengikuti WIT Tahap 1, mindset saya
terkait merdeka belajar dan kegiatan PJJ menjadi lebih terbuka. Konsep merdeka
belajar disini yang dapat saya terapkan adalah merdeka dalam pemilihan materi
pembelajaran yang esensial selama pandemi covid, serta kemerdekaan bagi siswa
untuk mengumpulkan penugasan dengan berbagai bentuk, yakni berupa infografis,
video, podcast, rangkuman, ppt, dll. Selama proses pembelajaran jarak jauh,
guru hendaknya juga mempertajam empati. Mengingat kondisi siswa dengan latar
belakang orangtua yang berbeda-beda dan lokasi tinggal yang berbeda pula,
sehingga hendaknya jenis penugasan yang diberikan serta bentuk pengumpulan
disesuaikan dengan kondisi siswa masing-masing. Selain itu membangun komunikasi
dengan orangtua siswa disaat pembelajaran jarak jauh merupakan hal yang
penting, karena orangtua menjadi jembatan antara guru dan siswa dalam keterlaksanaan
pembelajaran.
CHALLENGE
Selama pembelajaran jarak jauh, guru tidak
bisa memegang kendali siswa secara penuh. Terjalinnya komunikasi yang baik
dengan orangtua siswa menjadi tantangan sendiri dalam pemantauan selama proses
pembelajaran. Tantangan yang lain adalah memanajemen terkait materi esensial yang
diberikan kepada siswa dengan waktu yang cukup terbatas.
STRATEGY
UNTUK WIT TAHAP 2:
Membenahi adab dulu sebelum menuntut ilmu
Menyiapkan diri dengan mengatur manajemen
diri dan manajemen waktu agar lebih baik lagi. Menyediakan space (gelas kosong)
untuk menampung ilmu baru
Berusaha
antusias selama penyelenggaran Wardah Inspiring Teacher tahap 2
Terimakasih Wardah dan Kampus Guru Cikal yang
telah mewadahi program ini. Saya merasa bersyukur sudah diberikan kesempatan untuk belajar di program WIT ini, J
#WIT2020
#merdekabelajar
#PJJ
Keren bu. Semoga sukses. Salam WIT 2020.
BalasHapusTerimakasih bu Nurokhmah, kita belajar bersama-sama nggih bu. :)
HapusMantap Bu.l lanjutkan
BalasHapus